Selasa, 03 Maret 2009

Infranstruktur

Apakah itu Infranstruktur?

Infranstruktur adalah bangunan yang tidak ada hubungannya dengan militer. Infranstruktur berguna untuk perkembangan desa.

  • Cranny
Cranny adalah bangunan yang digunakan untuk menyembunyikan sumber daya. Bangsa Teuton dapat mengambil 1/3 bagian lebih dari isi cranny. Bangsa Galia memiliki kapasitas cranny yg lebih besar, yakni 2x lipat dari bangsa Romawi dan Teuton. Cranny memiliki 10 level, pada level 1 cranny dapat menyembunyikan 100, dan pada level 10 dapat menyembunyikan sebanyak 1000 sumber daya dgn populasi 5. Lebih baik anda membaca thread GAC terlebih dahulu sebelum membangunnya. Usahakan anda memiliki cranny setidaknya 2 buah lv 5 (Crop consumtion 0).

  • Kedutaan
Kedutaan adalah tempat perkumpulan para diplomat. Pada tingkat pertama, anda dapat bergabung dengan sebuah aliansi. Dan pada tingkat ketiga, anda dapat membuat aliansi. Anda harus memiliki Bangunan Utama untuk membangun Kedutaan. Setiap level kedutaan dapat menambah kapasitas di aliansi sebanyak 3, artinya pada tingkat 20 kapasitas anggota dalam 1 aliansi adalah 60 orang. Statement/urutan bookmark dalam aliansi adalah:
  1. Peninjauan: Melihat seluruh deskripsi beserta anggota aliansi.
  2. Forum: Tempat komunikasi antaranggota, bisa juga diambil dari forum luar.
  3. Serangan: Anda dapat melihat serangan2 yg terjadi dalam aliansi
  4. Berita: Anda dapat melihat berita anggota baru/keluar dan diplomasi aliansi.
  5. Pilihan: Anda dapat memilih lebih dari 1 opsi jika anda diberi wewenang oleh petinggi aliansi:
- Tugaskan untuk memposisikan: Anda dapat memberikan wewenang kepada anggota aliansi anda - Ganti Nama: Anda dapat mengubah nama aliansi - Tendang pemain: Anda dapat mengeluarkan pemain dari aliansi anda - Deskripsi aliansi: Anda dapat mengubah deskripsi aliansi anda, yang terdapat pada peninjauan aliansi anda. - Mengundang pemain ke dalam aliansi: Sudah jelas. - Link ke forum: Bila ingin menggunakan forum luar, anda dapat melakukannya dgn memasukkan link forum yg dituju ke dalam sini. - Keluar Aliansi: Anda dapat keluar dari aliansi. Setiap pemain selalu memiliki wewenang utk ini
  1. Dot warna yg digunakan dalam aliansi anda, adalah keaktifan anggota dalam aliansi anda:
  2. blue blue = online
  3. green green = was online in the past 24h
  4. yellow yellow = was online in the past 3 days
  5. red red = was online in the past 7 days
  6. grey grey = wasn't online in the past 7 days
Bila ingin membuat forum, anda dapat menekan tombol seperti dibawah ini.Pada forum diskusi travian anda, bila anda telah membuat forum, terdapat contoh situs seperti ini: Bila anda mengklik gambar seperti ini maka anda dapat memoderasikan forum anda. Hanya yg memiliki wewenang yg dapat mengurus forum.BBCode Di dalam forum, meski tidak tercantumkan BBCode, anda dapat membuatnya dgn melakukan hal seperti dibawah ini:
  • [b]Bold[/b]
  • [u]Underlined[/u]
  • [i]Italic[/i]
  • [color=red]Red text[/color]
  • [quote]Quote block[/quote] OR [quote=Player name]Quote block with 'written by' box[/quote]
  • [list] [*]list item [*]list item [list]
  • [village=(x-coord|y-coord)] or [village=x-coord|y-coord] or [village=mapid] gives a link to the village overview There are currently some problems with this entity
  • [player=uid] gives a link to the specified player profile There are currently some problems with this entity
  • [alliance=aid] gives a link to the specified alliance profile There are currently some problems with this entity
  • [Legionnaire] legionnaire icon. This can be done with any troop kind, make sure to use the correct spelling, including capatalization! Look in the ingame instructions for exact spelling.
Pada kode warna, anda dapat memilih warna-warna dibawah ini: 'aqua', 'black', 'blue', 'fuchsia', 'gray', 'green', 'lime', 'maroon', 'navy', 'olive', 'purple', 'red', 'silver', 'teal', 'white', 'yellow' as well as process colour values in hexadecimal writing-wise as for example *00F or *0000FF (for blue).

  • Bangunan Utama
Bangunan Utama adalah bangunan yg terpenting dalam travian. Semakin tinggi level bangunan utama, semakin cepat pengerjaan bangunan. Pada tingkat 0, pekerja anda dapat menyelesaikan lebih lambat 6x dari biasanya. Pada tingkat 1, pekerja dapat menyelesaikan pekerjaannya seperti biasa dan pada tingkat 20, pekerjaan dapat diselesaikan hingga 2x lipat. Pada tingkat 10, anda dapat menghancurkan bangunan desa anda setiap 1 level.

  • Pasar
Pada pasar, anda dapat melakukan 4 jenis perdagangan, yakni mengirim sumber daya, membeli, menjual dan melakukan perdagangan NPC. Anda membutuhkan Bangunan Utama tingkat 3, gudang dan lumbung agar dapat berdagang di pasar. Pada pengiriman sumber daya, anda hanya diperbolehkan mengirim 1 jam produksi seluruh desa (misal kayu 100 liat 100 besi 100 gandum 100, maka anda dapat mengirim 400 total sumber daya tidak termasuk gandum) kecuali bila anda mengirim ke desa sendiri. Untuk membeli, pada kolom penawaran, itu adalah jumlah sumber daya yg akan anda dapat dan diganti dengan pada kolom cari. Untuk menjual, anda dapat berdagang kepada hanya anggota aliansi. Selain itu anda juga dapat menentukan batas waktu maksimum pengiriman, agar tidak kejauhan. Untuk perdagangan NPC, anda harus memiliki setidaknya 3 gold. Di perdagangan NPC, anda hanya dapat berdagang 1:1


Romans Gauls Teutons
Kecepatan per jam 16 24 12
Kapasitas sumber daya tiap pedagang 500 750 1000

Selain itu, anda dapat memperbanyak kapasitas sumber daya tiap pedagang dengan membangun Kantor Dagang. Bila level Kantor Dagang dinaikkan, maka kapasitas sumber daya akan bertambah sebanyak 10%, dan pada tingkat 20, pedagang anda dapat membawa sumber daya sebanyak 300% (+200%).

  • Gudang Ilmu
Untuk membangun sebuah gudang ilmu, diperlukan bangunan utama lv 10, tapi bukan di ibukota. Dan tidak boleh ada WW (Wonder of the World). The riches of your empire are kept in the treasury. In each treasury level 10 is room for one treasure.

In order to capture an treasure you need to destroy the treasury holding the current treasure and then launch a normal attack from the village where your level 10 treasury is placed. This attack has to be successful (at least one unit of the attacker has to survive).

Artifacts

The artifacts in Travian
Set Name Effect
1 Parthe's Scrolls Kecepatan membangun 5x lebih cepat.
1 Knowledge Of Apollodo Sama
1 Vitruvius' trowel Sama
1 Duro Tectum Sama

2 Xio's cart Pedagang dapat menangkut 2x lebih banyak
2 Thalara's backpack Sama
2 Arthem's wagon Sama
2 Keenthal's carryall Sama

3 Seven league boots Kecepatan pasukan 2x lebih cepat.
3 War Traveler Sama
3 Hermes' boots Sama
3 Tyrant's whip Sama
3 Marching boots Sama
3 Bloody feet Sama

4 Eagle's eyes Mata-mata 5x lebih baik/efektif
4 Cat's shadowcloak Sama
4 Jameon's knowledge Sama
4 The seeing stone Sama

5 Horn of plenty Makanan pasukan menjadi setengah per jam.
5 Demeter's gift Sama
5 Cho's seed Sama
5 Everlasting vines Sama
5 Peasant's luck Sama
5 Harvester's scythe Sama

6 Construction Plan I Needed to build a wonder of the world
6 Construction Plan II Needed to build a wonder of the world
6 Construction Plan III Needed to build a wonder of the world
6 Construction Plan IV Needed to build a wonder of the world
6 Construction Plan V Needed to build a wonder of the world
6 Construction Plan VI Needed to build a wonder of the world
6 Construction Plan VII Needed to build a wonder of the world
6 Construction Plan VIII Needed to build a wonder of the world
6 Construction Plan IX Needed to build a wonder of the world
  • Balai Desa

Bila ingin membangun Balai Desa, anda memerlukan Bangunan Utama lv 10 dan Akademi lv 10. Bangunan ini berguna utk meningkatkan nilai budaya yg akan anda gunakan utk membangun desa. Seputar nilai budaya dapat anda lihat disini. Pada tingkat pertama, anda dapat melakukan perayaan kecil yg menambah nilai budaya sebanyak 500. Pada tingkat 10, anda dapat melakukan perayaan besar yg menambah nilai budaya sebanyak 2000. Tentunya harus menggunakan sumber daya ketika ingin melakukan perayaan.

  • Tukang Batu
Bangunan yg digunakan untuk memperkokoh bangunan di desa anda. Bangunan ini hanya dapat dibangun di ibukota. Anda membutuhkan setidaknya istana lv 3 untuk membangun tukang batu.




  • Kastil
Di sini anda dapat melatih Settlers dan Administrators. Administrators dalam kamus travian Indonesia adalah Senator, Chief dan Chieftain. Setidaknya anda membutuhkan bangunan utama tingkat 5 untuk membangun Kastil. Pada tingkat 10 dan 20 lah anda dapat membuat Settlers dan Administrators.

  • Istana
Fungsinya hampir sama dengan Kastil, tapi Istana hanya boleh ada 1 dari setiap akun. Pada tingkat 10, 15 dan 20 lah anda dapat membuat Settlers dan Administrators.

Selebihnya tentang Kastil/Istana:
http://help.travian.com/index.php?type=faq&mod=520
http://help.travian.com/index.php?type=faq&mod=528
http://help.travian.com/index.php?type=faq&mod=552

Perbedaan Kastil Dan Istana

1. Harga
Kastil jauh lebih murah dibandingkan Istana.
Istana pada tingkat 20 butuh setidaknya 2 buah gudang, sedangkan
Kastil pada tingkat 20 butuh setidaknya 1 buah gudang saja.

2. Pengembangan Desa
Kastil Pada tingkat 10 dan 20 dapat membuat desa baru
Istana Pada tingkat 10, 15 dan 20 dapat membuat desa baru

3. Ibukota
Istana adalah bangunan yang ada pada desa yang/telah akan dijadikan sebagai ibukota

Silahkan tambahkan jika ada perbedaan lain melalui via comment/YM.

Pertanyaan: Saya sudah riset Administrators, tapi kok dicari-cari ga ada ya? dilatih dimana sih?
Jawaban: Selama anda bisa melatih Settlers, anda juga dapat melatih Administrator(s).

Desa baru dapat diperoleh dari Settlers dan Administrators
Dalam kamus Travian Indonesia, Administrators adalah Senator, Chief dan Chieftain.

Untuk dapat membuat desa baru anda butuh 3 settler, lokasi kosong di peta dan Nilai Budaya yang cukup. Anda tidak butuh meriset settler tetapi mereka bisa langsung di latih pada Istana tingkat 10, 15 dan 20, dan Kastil tingkat 10 dan 20. Untuk membangun Istana anda butuh Bangunan Utama tingkat 5 dan sebuah Kedutaan, Untuk Kastil hanya dibutuhkan Bangunan Utama tingkat 5. Setelah melatih 3 settler anda bisa memilih lokasi kosong di peta dan klik "Buat desa baru" (Petunjuk: anda butuh 750 unit dari setiap sumberdaya!) kemudian setler anda akan berangkat untuk membuat desa baru untuk anda.

Mudah kan???

Untuk menguasai desa dibutuhkan Istana/Kastil tingkat 10 juga sebuah desa musuh yang bisa dikuasai. Dibutuhkan Nilai Budaya yang cukup - seperti halnya membuat desa baru. Pemain tidak bisa menguasai desa terakhir atau Ibukota dari seorang pemain.

Setelah Administrator (senator, chief, chieftain) selesai diriset di Akademi, Anda bisa melatihnya dari Istana/Kastil seperti settler. Akan tetapi anda tidak bisa melatih administrator jika anda sudah melatih settler. Untuk bisa menguasai sebuah desa, Administrator butuh menyerang beberapa kali ke desa sasaran yang Istana/Kastilnya sudah dihancurkan. Begitu loyalitas desa tersebut mencapai 0, maka desa tersebut akan menjadi milik anda. Begitu ini terjadi, anda harus membangun Istana/Kastil untuk menaikkan loyalitasnya kembali.

Syarat untuk menurunkan loyalitas suatu desa adalah:
1. Desa yang dikuasai bukan ibukota
2. Memiliki Nilai Budaya (Cultural Point/CP) yg cukup (See This:
http://help.travian.com/index.php?type=faq&mod=532
3. Dapat membuka cabang desa baru
4. Desa yg diserang harus menggunakan serangan Normal
5. Bukan pemain yg termasuk dalam daftar pengguna PC yg sama
6. Bukan termasuk pemain sekutu/gencatan senjata
7. Bagi yg dapat menambahkannya, silahkan ditambahkan

  • Wonder of the World
Wonder of the World adalah bangunan yg megah. Hanya yg terkaya saja yg mampu membangunnya. Bangunan ini dapat dibangun jika sudah menghadapi Natars. Bangunan ini hanya dapat dibangun di desa milik Natars.

2 komentar:

  1. tolong jgn pake warna putih

    BalasHapus
  2. hellu, gimana sih caranya meningkatkan level kesatria? kata orang harus menaikkan pengalaman. Klu ya Gimana caranya mendapatkan pengalaman dengan cepat? thanks. Tolong kalau u berkeman kirim pesan q, ke ID Zimb of Diablo di travian

    BalasHapus